Kajian
Berdasarkan peta konsep
kompetensi yang dibuat, materi ikatan kimia perlu penguatan media karena siswa
masih kesulitan dalam membayangkan bagaimana atom-atom yang sebegitu kecilnya
dapat saling berikatan membentuk senyawa baru. Selain itu, siswa juga masih
susah melakukan peramalan untuk menentukan jenis ikatan kimia apa yang terjadi
pada penggabungan atom-atom yang berbeda, apakah termasuk ikatan kovalen
tunggal, rangkap, atau rangkap tiga.
Kerangka
Berpikir
Di alam semesta
sangat jarang sekali ditemukan atom berdiri sendiri, melainkan hampir semuanya
berikatan dengan atom lain dalam bentuk senyawa, baik senyawa kovalen maupun
senyawa ionik. Atom-atom yang merupakan penyusun senyawa bersifat invisible
(tak teramati), atom ini sangat kecil sehingga perlu media yang bisa mengkonkretkan cara pemikiran
siswa tentang bagaimana atom-atom yang sebegitu kecilnya dapat
berikatan satu sama lain membentuk ikatan kimia. Selain itu, elektron-elektron
yang bergerak mengelilingi inti atom memiliki kekhasan dan jumlah yang berbeda
untuk tiap atom, sehingga dengan adanya media yaitu penggambaran elektron
valensi dengan stuktur lewis siswa akan lebih jelas dan mudah untuk melakukan
peramalan terhadap jenis ikatan kimia apa yang akan terbentuk pada penggabungan
atom yang berbeda. Hal ini akan mempermudah siswa untuk mengaitkan antara
penggambaran stuktur atom melalui struktur lewis (elektron valensi) terhadap
jenis-jenis ikatan kimia yang mungkin terbentuk.
Siswa perlu belajar mengapa
atom-atom dapat saling berikatan, apa saja jenis-jenis ikatan kimia
yang dapat dijelaskan dengan berbagai teori yang dikemukakan oleh para ilmuwan.
Bagaimana Gilbert
Newton Lewis dan Albrecht
Kossel
menyusun
konsep kestabilan berdasarkan fakta atau fenomena yang nampak agar teori
tersebut mampu untuk menjelaskan fakta-fakta mengenai mengapa atom-atom dapat
saling berikatan membentuk ikatan kimia sekaligus membuat peramalan terhadap jenis ikatan kimia yang mungkin terbentuk melalui
penggambaran struktur lewis. Dengan demikian, siswa dapat belajar
tentang bagaimana menemukan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori dan
diharapkan mampu menawarkan teori baru
yang lebih baik tanpa menjatuhkan teori sebelumnya dengan. Selain itu, melalui penganalogian atom dengan benda lain,
misalnya unsur non logam dan logam dianalogikan seperti cewek dan cowok, siswa
semakin lebih mudah untuk mengidentifikasi sifat-sifat atom.
download story board
download media ikatan kimia
download story board
download media ikatan kimia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar