ikatan kimia


Kajian
Berdasarkan peta konsep kompetensi yang dibuat, materi ikatan kimia perlu penguatan media karena siswa masih kesulitan dalam membayangkan bagaimana atom-atom yang sebegitu kecilnya dapat saling berikatan membentuk senyawa baru. Selain itu, siswa juga masih susah melakukan peramalan untuk menentukan jenis ikatan kimia apa yang terjadi pada penggabungan atom-atom yang berbeda, apakah termasuk ikatan kovalen tunggal, rangkap, atau rangkap tiga.

Kerangka Berpikir
Di alam semesta sangat jarang sekali ditemukan atom berdiri sendiri, melainkan hampir semuanya berikatan dengan atom lain dalam bentuk senyawa, baik senyawa kovalen maupun senyawa ionik. Atom-atom yang merupakan penyusun senyawa bersifat invisible (tak teramati), atom ini sangat kecil sehingga perlu media yang bisa mengkonkretkan cara pemikiran siswa tentang bagaimana atom-atom yang sebegitu kecilnya dapat berikatan satu sama lain membentuk ikatan kimia. Selain itu, elektron-elektron yang bergerak mengelilingi inti atom memiliki kekhasan dan jumlah yang berbeda untuk tiap atom, sehingga dengan adanya media yaitu penggambaran elektron valensi dengan stuktur lewis siswa akan lebih jelas dan mudah untuk melakukan peramalan terhadap jenis ikatan kimia apa yang akan terbentuk pada penggabungan atom yang berbeda. Hal ini akan mempermudah siswa untuk mengaitkan antara penggambaran stuktur atom melalui struktur lewis (elektron valensi) terhadap jenis-jenis ikatan kimia yang mungkin terbentuk.
Siswa perlu belajar mengapa atom-atom dapat saling berikatan, apa saja jenis-jenis ikatan kimia yang dapat dijelaskan dengan berbagai teori yang dikemukakan oleh para ilmuwan. Bagaimana Gilbert Newton Lewis dan Albrecht Kossel  menyusun konsep kestabilan berdasarkan fakta atau fenomena yang nampak agar teori tersebut mampu untuk menjelaskan fakta-fakta mengenai mengapa atom-atom dapat saling berikatan membentuk ikatan kimia sekaligus membuat peramalan terhadap jenis ikatan kimia yang mungkin terbentuk melalui penggambaran struktur lewis. Dengan demikian, siswa dapat belajar tentang bagaimana menemukan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori dan diharapkan mampu menawarkan teori baru yang lebih baik tanpa menjatuhkan teori sebelumnya dengan. Selain itu, melalui penganalogian atom dengan benda lain, misalnya unsur non logam dan logam dianalogikan seperti cewek dan cowok, siswa semakin lebih mudah untuk mengidentifikasi sifat-sifat atom.
download story board
download media ikatan kimia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar