oleh : Rangga Krisma Putra
Kerangka Berpikir
Beberapa unsur telah sejak lama menjadi bagian hidup manusia,
seperti tembaga, perak, dan emas yang digunakan alat tukar dalam perdagangan
maupun sebagai perhiasan. Dengan makin
berkembangnya ilmu pengetahuan, makin banyak juga jumlah unsur yang ditemukan.
Untuk memudahkan mengenali sifat unsur tersebut, para ilmuwan berupaya mencari sistem
yang mudah dalam mempelajari karakteristik unsure-unsur tersebut. Sistem
penggolongan unsur-unsur berdasarkan sifat-sifat tertentu unsur, disebut sistem
periodik unsur. Pengelompokkan unsur-unsur
akan sangat membantu kita memahami kemiripan dan perbedaan diantara
unsur –unsur tersebut. Hal ini
memudahkan kita untuk mempelajari mekanisme dan sifat-sifat yang ditunjukkan
ketika suatu unsur bergabung dengan
unsur lain. Selain itu, pengelompokan unsur-unsur ini sangat membantu para
ilmuwan memprediksi sifat unsur-unsur yang belum ditemukan. Oleh sebab itu
memahami bagaimana perkembangan periodik unsur
memerlukan media untuk visualisasi seperti gambar-gambar bentuk
tabel periodik unsur dari awal hingga
tabel periodik unsur yang siswa pakai sekarang sehingga siswa mudah
membayangkan bagaimana dasar ilmuwan-ilmuwan menggambarkan bentuk periodi unsur
dari awal sampai yang digunakan sekarang sehingga siswa dapat menemukan.
Hubungan antara dasar
dari pengelompokan unsur-unsur terhadap
bentuk tabel sistem periodik unsur (berpikir sintetis) .
Siswa perlu belajar bagaimana seorang ilmuwanmenyusun
teori berdasarkan fakta/fenomena yang
nampak agar teori tersebut mampu untuk
menjelaskan fakta-fakta tersebut sekaligus membuat peramalan terhadap fakta/fenomena
yang mungkin terjadi yaitu mengenai bagaimana seorang ilmuwan
mengelompokkan unsur-unsur untuk menentukan bentuk bentuk tabel periodik unsure
dari awal hingga system periodic yang dipakai sekarang. (berpikir analogis, analitik dan visioner).
Siswa perlu belajar, bagaimana melakukan kritik terhadap
suatu teori dan menawarkan teori baru
yang lebih baik tanpa menjatuhkan teori sebelumnya
setelah mempelajari teori-teori dari ilmuwan untuk mengelompokkan unsur-unsur
dalam tabel periodic unsur. (berpikir kritis dan alternatif)
GBPM SPU
GBPM SPU
No. KD
|
Indikator pencapaian
|
Media yang digunakan
|
Sumber bacaan
|
1.1
|
Mampu embandingkan
perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangannya
|
Media interaktif bagaimana para ilmuwan menentukan dasar penggolongan
unsur pada table periodik unsur dan perkembangannya
|
Sumber :
[1] Santosa, Sri Juari, dkk, 2006, Kimia Kelas X semester 1
untuk SMA dan MA, Intan Pariwara, Klaten
: hal 38-43
[2] Sofyatiningrum, Etty,2007, Sains Kimia 1 SMA, Bumi
Aksara, Jakarta : hal 30-36
Kajian
Pustaka
dari peta konsep tersebut, konsep mengenai sistem periodik unsur perlu penguatan media karena
siswa masih kesulitan membayangkan bagaimana bentuk/ gambar tabel periodic unsure dari awal
perkembangannya hingga sekarang yang dipakai yaitu system periodic unsure
modern sehingga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar