Perkembangan SPU

oleh : Rangga Krisma Putra

Kerangka Berpikir

Beberapa unsur telah sejak lama menjadi bagian hidup manusia, seperti tembaga, perak, dan emas yang digunakan alat tukar dalam perdagangan maupun  sebagai perhiasan. Dengan makin berkembangnya ilmu pengetahuan, makin banyak juga jumlah unsur yang ditemukan. Untuk memudahkan mengenali sifat unsur tersebut, para ilmuwan berupaya mencari sistem yang mudah dalam mempelajari karakteristik unsure-unsur tersebut. Sistem penggolongan unsur-unsur berdasarkan sifat-sifat tertentu unsur, disebut sistem periodik unsur. Pengelompokkan unsur-unsur  akan sangat membantu kita memahami kemiripan dan perbedaan diantara unsur –unsur tersebut.  Hal ini memudahkan kita untuk mempelajari mekanisme dan sifat-sifat yang ditunjukkan ketika  suatu unsur bergabung dengan unsur lain. Selain itu, pengelompokan unsur-unsur ini sangat membantu para ilmuwan memprediksi sifat unsur-unsur yang belum ditemukan. Oleh sebab itu memahami bagaimana perkembangan periodik unsur  memerlukan media untuk visualisasi seperti gambar-gambar bentuk tabel  periodik unsur dari awal hingga tabel periodik unsur yang siswa pakai sekarang sehingga siswa mudah membayangkan bagaimana dasar ilmuwan-ilmuwan menggambarkan bentuk periodi unsur dari awal sampai yang digunakan sekarang sehingga siswa dapat menemukan.
Hubungan antara  dasar dari pengelompokan unsur-unsur  terhadap bentuk tabel sistem periodik unsur (berpikir sintetis) .
Siswa perlu belajar bagaimana seorang ilmuwanmenyusun teori  berdasarkan fakta/fenomena yang nampak agar teori tersebut  mampu untuk menjelaskan fakta-fakta tersebut sekaligus membuat peramalan terhadap fakta/fenomena yang mungkin terjadi yaitu mengenai bagaimana seorang ilmuwan mengelompokkan unsur-unsur untuk menentukan bentuk bentuk tabel periodik unsure dari awal hingga system periodic yang dipakai sekarang.   (berpikir  analogis, analitik dan visioner).
Siswa perlu belajar, bagaimana melakukan kritik terhadap suatu teori  dan menawarkan teori baru yang lebih baik tanpa menjatuhkan teori  sebelumnya setelah mempelajari teori-teori dari ilmuwan untuk mengelompokkan unsur-unsur dalam tabel periodic unsur. (berpikir kritis dan alternatif)

GBPM SPU
 
No. KD
Indikator pencapaian
Media yang digunakan
Sumber bacaan
1.1
Mampu embandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya
Media interaktif bagaimana para ilmuwan menentukan dasar penggolongan unsur pada table periodik unsur dan perkembangannya


Sumber :
[1] Santosa, Sri Juari, dkk, 2006, Kimia Kelas X semester 1 untuk SMA dan MA, Intan Pariwara, Klaten  : hal 38-43
[2] Sofyatiningrum, Etty,2007, Sains Kimia 1 SMA, Bumi Aksara, Jakarta : hal 30-36


Kajian Pustaka

dari peta konsep tersebut, konsep mengenai  sistem periodik unsur  perlu penguatan media karena
siswa masih kesulitan membayangkan bagaimana  bentuk/ gambar tabel periodic unsure dari awal perkembangannya hingga sekarang yang dipakai yaitu system periodic unsure modern sehingga
berpengaruh dalam mempelajari sifat-sifat dari tiap unsur.

Untuk mendownload STORY BOARD silahkan klik disini
Untuk mendownload MEDIA SPU silahkan klik disini
Untuk mendownload Animasi Flash SPU silahkan klik disini 
jangan lupa juga kunjungi blog pribadi saya disini 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar